Navigation


RSS : Articles / Comments


Cara Mengukur Media Massa

5:15 AM, Posted by By Communicator 12, No Comment

ada beberapa cara yang biasa ditempuh guna mengukur sejauh mana suatu media telah berhasil menyentuh para pembacanya. Antara lain adalah sebagai berikut. a. Survei pembaca: Pada survei ini para pembaca diminta mengisi, suatu kuesioner serta menyertakan pendapatnya mengenai suka atau tidak sukanya mereka terhadap suatu media. Lembar kuesioner itu bisa disisipkan di majalah atau koran yang bersangkutan disertai himbauan agar para pembaca mau mengisi dan mengemba-likannya ke redaksi. Kadang-kadang, dalam rangka mendorong para pembaca agar mau mengisi dan mengembalikan kuesioner tersebut, pihak koran atau majalah mengiming-imingi hadiah tertentu. Namun, hasil yang lebih bisa dipercaya akan diperoleh melalui penelitian secara mendalam terhadap sejumlah sampel pembaca. Akan lebih baik lagi jika penelitian tersebut dilakukan secara langsung atau tatap muka. Kuesioner yang biasa saja kurang bisa diandalkan karena sering kali yang mengembalikannya jauh lebih sedikit dari yang harapkan.. b. Kompetisi: jika suatu majalah sering mendapat saingan dari "muka-muka" baru yang menampilkan sosok atau liputan sejenis itu menunjukkan bahwa majalah. tadi cukup menarik dan diminati pembaca. c. Surat-surat pembaca: Dipublikasikan atau tidak, jumlah surat pembaca dapat menunjukkan sejauh mana mereka menaruh minat dan perhatian atas suatu jurnal. Dalam surat tersebut mereka juga bisa mengemukakan apa pendapat atau sikap mereka terhadap media tersebut. d. Respons terhadap Iklan: Apabila produk-produk yang diiklankan di suatu majalah mengalami lonjakan angka penjualan maka minat dan kepercayaan masyarakat terhadap majalah itu tinggi. e. Pengutipan artikel: Apabila suatu jurnal sudah memiliki jangkauan yang cukup luas dan dipercaya maka berbagai artikel yang dimuatnya akan sering kali dikutip dan dimanfaatkan secara luas. f. Dampak. Yang dimaksud dengan dampak di sini adalah hasil-hasil nyata dari usaha PR yang dilakukan melalui jurnal ekstemal. Dampak yang positif biasanya berupa semakin baiknya kerja sama dan hubungan antara khalayak dengan organisasi yang melakukan. usaha PR tadi. Dampak itu sendiri bisa diketahui melalui survei pendapat, observasi, atau melalui hasil-hasil fisik dan finansial.

No Comment