Navigation


RSS : Articles / Comments


Komunikasi Internal dan Komunikasi Eksternal

5:22 AM, Posted by By Communicator 12, No Comment

Komunikasi internal adalah segenap kegiatan komunikasi yang secara khusus diarahkan pada pihak-pihak dalam lingkungan organisasi pemerintah. Misalnya pegawai atau anggota, pimpinan pemerintahan, dan pejabat public. Menyikapi perkembangan transparansi, organisasi pemerintah tidak dapat lagi memenaj organisasinya dengan pendekatan struktural, birokratis, dan instruktif dalam menjalankan roda pemerintahan, akan tetapi harus memanajnya dengan mengembakan sistem komunikasi yang efektif atau lebih dikenal istilah “managing by communications. Bab ini juga membahas tentang tantangan komunikasi. Dan juga membahas tentang jenis-jenis jurnal internal, yaitu majalah, Koran, Newsletter, dan majalah dinding. Adapun bentuk-bentuk baru jurnal internal, yaitu jurnal audio, jurnal video, video perusahaan, dan Koran elektronik. Dan ada juga manfaat perangkat audio visual, yaitu Untuk menghibur para tamu dan undangan: Dengan audio visual dapat melakukan berbagai presentasi untuk para tamu undangan baik dalam bioskop pribadi, ruangan hotel, balai sidang, dan lain-lain. Komunikasi eksternal adalah segenap kegiatan komunikasi yang diarahkan pada publik di luar organisasi pemeritah (masyarakat umum, target graup, partai politik, assosiasi, tokoh-tokoh masyarakat, dan sebagainya), bukannya kalangan dalam organisasi pemerintah yang bersangkutan. hubungan media eksternal lebih populer disebut degan hubungan pers. Di negara-negara maju yang sudah bebas buta huruf, media berita seperti koran, radio, dan televisi merupakan wahana utama penyebaran informasi atau pesan-pesan ke-PR-an. Akan tetapi setiap pejabat PR di Indonesia umumnya pasti merasakan betapa sulitnya membujuk wartawan agar memuat aktivitas pemerintahan dalam rubrik berita. Pejabat PR sering kali kesulitan menyiasati redaktur media massa agar siaran persnya bisa dimuat tanpa disensor. Secara teori, keberhasilan seorang pejabat PR diukur dari kemampuan mereka memuat sebanyak mungkin siaran persnya dengan biaya yang minimal. Dan ada keterkaitan PR dengan media massa, adalah Salah satu kemampuan penting yang harus dikuasai oleh praktisi PR adalah menjalin hubungan baik dengan kalangan media massa. Topik ini akan kita bahas panjang lebar dalam. "Hubungan Pers", namun ada baiknya jika menyinggungnya sedikit di sini, mengingat kita akan membahas tentang media itu sendiri. Ada juga unsur-unsur fungsional pers. Bidang pers, atau tepatnya penerbitan pers, merupakan gabungan dari empat macam fungsi atau rangkaian kegiatan yang berlainan, yaitu departemen editorial, departemen iklan, departemen produksi, dan departemen sirkulasi. Dan disini juga membahas tentang. Peran-Radio dan Peluangnya Sebagai Media PR, Radio adalah sebuah media utama informasi, hiburan, dan pendidikan massal yang sangat populer. Ada juga media-media eksternal lainnya. Tujuannya untuk menjangkau khalayak tertentu dalam rangka mencapai tujuan-tujuan PR, adakalanya penggunaan media massa pers, radio, televisi tidak sesuai, apalagi jika khalayak tersebut hanya terdiri dari beberapa kelompok kecil saja. Contoh dari khalayak seperti itu adalah para staf atau anggota organisasi sendiri yang mungkin hanya dapat dijangkau melalui jurnal internal. Media audio visual Ini merupakan salah satu kemajuan penting di dunia media yang harus diperhatikan oleh para praktisi PR Tidak seperti pers, radio, dan televisi, perangkat audiovisual adalah suatu media yang bercakupan terbatas yang dimiliki dan sepenuhnya dikendalikan oleh pihak tertentu yang diarahkan kepada khalayak yang bersifat terbatas. PR dan hubungan pers (public relations dan press relations, keduanya biasa disingkat PR) sering dianggap sama. Tentu saja anggapan ini salah, karena hubungan pers tersebut hanya merupakan salah satu bagian dari PR. Pengertian hubungan pers (press relation) adalah upaya-upaya untuk mencapai publikasi atau penyiaran yang maksimum atas suatu pesan atau informasi PR dalam rangka menciptakan pengetahuan dan pemahaman bagi khalayak dari organisasi atau organisasi yang bersangkutan. Dan disini juga membahas tentang acara-acara perss. Secara umum, terdapat tiga macam peristiwa atau acara pers (press events). Yaitu, konferensi pers, resepsi pers, dan kunjungan pers.

No Comment